11.10.2012

Jokowi & Atut Bahas Pembangunan KA Manggarai-Bandara



Jokowi & Atut Bahas Pembangunan KA Manggarai-Bandara
Proyek pembangunan kereta api Manggarai-Bandara Soekarno Hatta menjadi pembahasan utama pertemuan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dengan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Rabu (7//11).

Jaringan kereta Commuter Line dari Manggarai menuju Bandara Soekarno Hatta tersebut akan mulai digarap PT Kereta Api Indonesia pada 2013.

"Moda transportasi ini akan membantu transportasi warga di Jakarta dan Banten. Target tahun 2013 bisa selesai, sehingga jalur kereta api dari Manggarai dan Dukuh Atas bisa langsung ke Bandara," kata Jokowi setiba di Balai Kota, Jakarta, Rabu sore, sebagaimana dilaporkan Antara.

Jokowi mengatakan, pertemuan bersama Atut juga membahas masalah infrastruktur dasar termasuk pembangunan waduk dan saluran irigasi. "Proyek Cengkareng Drain akan dilanjutkan. Pemprov DKI dan Kementerian Pekerjaan Umum akan menyelesaikan proyek tersebut," ujarnya.


Selain itu, lanjut Jokowi, ada juga pembangunan waduk yang akan menjadi sumber air baku bagi warga Jakarta dan Banten. "Serta jalan-jalan di perbatasan antar-kedua wilayah akan ditingkatkan," tuturnya.

Terkait proyek pembangunan kereta bandara, jelas Jokowi, merupakan jaringan Commuter Line dari Manggarai-Tanah Abang-Tangerang (Tanah Tinggi)-Bandara.

Namun, pemerintah pusat juga akan pembangunan proyek kereta ekspres yang dilaksanakan oleh PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Proyek kereta ekspres bandara tersebut mengajak sejumlah investor dalam dan luar negeri dengan total biaya sebesar 2 miliar dolar AS. (sumber; gatra.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar