11.23.2012

Jokowi Temui Sopir Angkot yang Demo di Balai Kota



Jokowi Temui Sopir Angkot yang Demo di Balai Kota
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menemui para sopir angkutan umum yang berdemonstrasi di depan Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (20/11) siang.

Kedatangan Jokowi didampingi Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono disambut sorak-sorai meriah oleh para pendemo.

Dalam orasinya, Jokowi mengaku perda terkait retrebusi untuk angkutan umum berlaku sebelum dirinya menjabat sebagai gubernur.

"Saya ini orang baru, jadi perdanya adalah perda yang lalu. Saya sudah sampaikan kepada Ketua Organda setelah rekomendasi dari dewan saya terima, detik itu juga saya akan terbitkan pergub pembebasan retribusi daerah," ungkap Jokowi seraya disambut tepuk tangan dan sorai-sorai para sopir.


Jokowi menjelaskan, pihaknya akan menyusun peraturan gubernur (pergub) baru untuk pembebasan retribusi daerah dengan catatan adanya rekomendasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI.

"Saya akan segera menelepon dewan supaya rekomendasi segera dikeluarkan sehingga  saya bisa langsung menerbitkan peraturan gubernur tersebut," ujarnya.

Jokowi juga meminta agar para sopir menyampaikan aspirasi kepada pemerintah DKI terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Transportasi. Pemprov DKI telah menyerahkan draf raperda transportasi tersebut  kepada legislatif.

"Yang jelas dari saya, pengusaha angkutan umum kecil tetap hidup. Semangat raperda transportasi tetap melindungi angkutan umum kecil, bukan pemodal besar. Saya sudah perintahkan Kepala Dinas Perhubungan untuk melindungi yang kecil-kecil. Tapi ada syarat, ya mau diatur pemda, jangan semau gue. Mau nggak nurut sama pemda? Kalau mau ya rampung masalah ini," katanya.

Usai berorasi, Jokowi kembali masuk ke kantor balaikota dan para sopir berpindah menggelar unjuk rasa di kantor DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. (Sumber: mediaindonesia.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar