11.10.2012

Jokowi Bagi-bagi Kartu Sehat



Jokowi Bagi-bagi Kartu Sehat
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) terus melanjutkan pembagian Kartu Jakarta Sehat kepada warga di Kelurahan Tambora, Jakarta Barat. Sebelumnya Jokowi bagi-bagi kartu sehat (Kartu Jakarta Sehat) di Kelurahan Pademangan Timur, Jakarta Utara.
Selain membagi-bagikan kartu sehat, Jokowi juga mengunjungi Puskesmas setempat. "Setelah Pademangan Timur, sekarang giliran Tambora. Saya juga sempat melihat-lihat Puskesmas setempat sekaligus mengecek kesiapannya," kata Jokowi, saat mengunjungi Kelurahan Tambora, Sabtu (10/11).

Menurut Jokowi, Puskesmas tersebut sudah siap melayani masyarakat, baik yang datang dengan tujuan berobat atau pun ingin mendaftarkan diri sebagai pemegang Kartu Jakarta Sehat.


"Puskesmasnya sudah siap, memang harus siap. Saya akan terus mengecek pelayanannya, baik pelayanan kesehatan maupun pelayanan data. Saya akan koreksi terus," ujar Jokowi, sebagaimana dilaporkan Antara.

Jokowi menuturkan, dengan sistem kartu, maka penyimpanan dan pengawasan data pasien menjadi lebih mudah karena saling terkoneksi antara Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

"Di samping itu, kalau untuk keperluan data, kita punya Biro Pusat Statistik (BPS) yang sudah mencatat jumlah warga miskin dan yang rentan miskin. Sedangkan kalau untuk biaya kontrol data, semuanya di-cover oleh APBD. Anggarannya itu sekitar Rp 800 miliar," tutur Jokowi.

Kartu Jakarta Sehat, lanjut Jokowi, berbeda dengan kartu lainnya karena terdapat rekam medis atau catatan penyakit yang pernah diderita pasien pemegang kartu.

Jokowi berharap, melalui pembagian kartu sehat tersebut, masyarakat DKI dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang baik, sehingga kualitas kesehatan warga Ibu Kota akan meningkat.

Jokowi menambahkan, setelah pembagian Kartu Jakarta Sehat, selanjutnya akan diteruskan dengan pembagian Kartu Jakarta Pintar sekitar satu atau dua minggu ke depan. (sumber; gatra.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar